Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Tumang Dan SD N 3 Tumang Cepogo Boyolali Tahun 2013/2014

Khairunisa, Amalia (2014) Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Tumang Dan SD N 3 Tumang Cepogo Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAb III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Naskah Publkasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan penggunaan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang, (2) Mengetahui strategi pembelajaran mana yang lebih baik antara strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang, dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengambil sampel kelas V di SD N 1 Tumang dan kelas V di SD N 3 Tumang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan antara penggunaan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang. Hasil uji t -thitung < -ttabel yaitu -2.214 < -1.999. Rata-rata nilai hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 6,49 dan rata-rata nilai hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) adalah 7,24. Jadi, strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih baik daripada strategi pembelajaran ular tangga Think Pair Share (TPS).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Srategi Pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 07:58
Last Modified: 12 Feb 2015 07:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31859

Actions (login required)

View Item View Item