Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Twinning Universitas Muhammadiyah Surakarta

NOVATRIA DEWI, RESPATI (2014) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Twinning Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Pendahuluan)
03. Halaman Judul dkk.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa twinning mempunyai beban tugas akademik dua kali lebih banyak dari kelas reguler, maka diharapkan mahasiswa twinning mempunyai efikasi diri yang tinggi untuk mempersiapkan dirinya dengan tantangan tugas akademik yang lebih banyak. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program twinning di UMS. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program twinning UMS. Subyek penelitian adalah mahasiswa program twinning UMS berjumlah 72 orang dengan karakteristik mahasiswa yang terdaftar dan aktif menjalani perkuliahan twinning dari angkatan 2010 sampai 2013. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dengan menggunakan program bantu SPSS 19,0 For Windows Program. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,569; p = 0,000 (p <0,05) artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Tingkat efikasi diri tergolong tinggi sebesar 67,49 dan tingkat prokrastinasi akademik tergolong rendah sebesar 60,78. Sumbangan efikasi diri pada mahasiswa twinning program terhadap prokrastinasi akademik sebesar 32,3% yang berarti terdapat 67,7% variabel lain yang mempengaruhi prokrastinasi akademik selain efikasi diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 12 Feb 2015 07:54
Last Modified: 12 Feb 2015 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31858

Actions (login required)

View Item View Item