Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo - Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Murwani, Tri (2014) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo - Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (516kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (844kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengembangan kemampuan berbahasa dengan menggunakan metode bercerita. Jenis penelitian ini Termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan berbahasa anak melalui metode observasi,catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B dan guru TK Pertiwi I Blimbing Sambirejo Sragen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita. Pengembangan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 39.25 % pada siklus I mencapai 53.15 % dengan pengembangan dari prasiklus sebesar 13.9 %. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 75.8 % dengan pengembangan dari siklus I sebesar 22.65 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Pertiwi I Blimbing Sambirejo Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita,Berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 06:53
Last Modified: 12 Feb 2015 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item View Item