Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru( Studi Pada Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru )

Rahmawati, Novalinda Dwi and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru( Studi Pada Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (728kB)

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas – tugas seperti standard hasil kerja, target yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan dengan kinerja. Variabel tergantung dalam penelitian ini yaitu kinerja, sedangkan variabel bebas adalah motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan.. Hipotesis yang diajukan; (1) Ada hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan dengan kinerja guru yang menerima tunjangan sertifikasi; (2) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang menerima tunjangan sertifikasi; (3) Ada hubungan positif antara persepsi kepemimpinan dengan kinerja guru yang menerima tunjangan sertifikasi Subjek penelitian yaitu guru SMP Negeri 11 Surakarta yang menerima tunjangan sertifikasi berjumlah 30 responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi berprestasi,persepsi kepemimpinan dan skala kinerja. Metode analisis data digunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rx1x2y = 0,964 dan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja. Hasil analisis korelasi rx1y sebesar 0,906 dan p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja. Hasil analisis korelasi rx2y sebesar 0,944; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi kepemimpinan dengan kinerja. Sumbangan motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan dengan kinerja sebesar R2=0,929 yaitu 92,9%, sehingga masih terdapat 7,1% faktor lain yang mempengaruhi kinerja diluar variabel motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan. Kesimpulan penelitian menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dan persepsi kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja. Namun generalisasi hasil-hasil penelitian terbatas pada subjek danlokasi penelitian dilakukan yaitu guru SMP Negeri 11 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, persepsi kepemimpinan, kinerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2015 13:50
Last Modified: 20 Oct 2021 01:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item