Penerapan Metode Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 7 Karangrayung Kecamatan Karangrayunng Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014

Romaningsih, Feni and , Dr. M. Yahya, M.Si (2014) Penerapan Metode Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 7 Karangrayung Kecamatan Karangrayunng Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan metode Concepct Sentence pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri 7 Karangrayung tahun ajaran 2013/2014 meneliti tentang Penelitian Tindakan Kelas. Data peneliti ini dikumpulkan melalui informasi atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapa tempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aktifitas guru dalam penerapan strategi pembelajaran Concepct Sentence pada Siklus I untuk aktivitas guru mencapai Skor 40 (61.54%) dengan kategori aktif sementara pada Siklus II mencapai peningkatan Skor sebesar 60 (92.31%) dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas guru dari Siklus I sampai pada Siklus II sebesar 30.77%. 2) keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada Siklus I mencapai 17.59 (55.59%), pada Siklus II Skor meningkat menjadi 27.75 (86.69%). Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I samapai pada Siklus II sebesar 30.10%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Concepct Sentence untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 7 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, MetodeConcepctSentence, Bah asa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2015 12:55
Last Modified: 15 Oct 2021 01:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item View Item