Hubungan Antara Penggunaan Jejaring Sosial Twitter Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2013-2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta

WIDYANINGSIH, Wahyu (2014) Hubungan Antara Penggunaan Jejaring Sosial Twitter Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2013-2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09..DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Pendidikan dan pengajaran adalah suatu proses yang sadar tujuan yang artinya sesuatu hal yang dilakukan berdasarkan atas tujuan tertentu yang ingin dicapai. Tercapai tidaknya tujuan pengajaran salah satunya adalah terlihat dari prestasi belajar yang telah diraih. Dengan prestasi yang tinggi, para mahasiswa mempunyai indikasi berpengetahuan yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah motivasi. Dengan adanya motivasi, maka akan belajar lebih keras, ulet, tekun dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar digolongkan menjadi tiga, yaitu: faktor dari dalam, faktor dari luar, dan faktor instrumen. Contoh kasusnya adalah faktor dari luar yaitu media internet twitter. Padasaat ini twitter menjadi popular dan berhasil memikat sebagian besar penggunanya. twitter yang berlomba untuk mempromosikan dirinya dengan menawarkan berbagai fitur menarik dan canggih agar penggunanya tertarik sehingga layanan mikro blog ini terus maju dan berkembang. Namun mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan senantiasa memanfaatkan twitter dengan optimal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2013-2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alat ukur menggunakan skala motivasi belajar dan skala penggunaan jejaring sosial twitter. Perhitungan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis product moment pearson dari program SPSS 16 (Statistical Product and Service Solution) 16,0For Windows Program. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisiensi korelasi (r) sebesar 0,487; p = 0,000 (p ≤ 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara penggunaan jejaring sosial twitter dengan motivasi belajar. Artinya, semakin tinggi penggunaan jejaring sosial twitter maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa dan semakin rendah penggunaan jejaring sosial twitter maka semakin rendah pula motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan jejaring sosial twitter, Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Feb 2015 13:26
Last Modified: 04 Feb 2015 13:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31819

Actions (login required)

View Item View Item