Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar Guru TK Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Guru Di Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan

Fitriya, Syala Ihda Ayu and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar Guru TK Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Guru Di Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (777kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pendidikan guru TK terhadap kualitas kegiatan belajar mengajar di Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi dan sampel, populasinya yaitu 52 pendidik TK dan populasinya juga sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara langsung kepada responden penelitian. Teknik analisis data menggunakan One Way Anova dan t-test. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan rata-rata kualitas mengajar guru TK di Kecamatan Tawangharjo adalah cukup. Hasil penelitian secara keseluruhan yang menggunakan One Way Anova menunjukkan adanya perbedaan kualitas kegiatan belajar mengajar antara tingkat pendidikan DII PGTK dengan S1 PAUD maupun S1. Sedangkan hasil penelitian secara individu menggunakan t-test antara DII PGTK - S1 PAUD uji t 5,251 dengan p value 0,000 terdapat perbedaan kualitas kegiatan belajar mengajar antara guru dengan tingkat pendidikan DII PGTK dengan S1 PAUD. Hasil antara S1 - DII PGTK dengan uji t sebesar 3,816 dan p value 0,000 berarti ada perbedaan kualitas kegiatan belajar mengajar antara guru dengan tingkat pendidikan DII PGTK dengan S1 PAUD. Hasil antara S1 PAUD – S1 dengan uji t sebesar 0,219 dan p value 0,829 tidak terdapat perbedaan kualitas kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan kualitas kegiatan belajar mengajar guru TK ditinjau dari tingkat pendidikan di Kecamatan Tawangharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Guru TK, Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:48
Last Modified: 19 Oct 2021 16:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item View Item