Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Bratan Ii No.170 Surakarta Tahun Ajaran 2013

Mahadewi, Ananda Putri and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Bratan Ii No.170 Surakarta Tahun Ajaran 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SD Negeri Bratan II No.170 Surakarta.Variabel bebas ( ) adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Penilaian angket dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah uji validitas item dengan menggunakan rumus product moment angka kasar sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Metode analisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 38,839 + 0,467 X. Hasil analisis data uji t diperoleh nilai thitung (4,381) > ttabel (2,052). Oleh karena thitung berada pada daerah Ho ditolak maka ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa. Dari membandingkan persamaan Y= 38,839 + 0,467 X didapatkan hasil jika X1= 0 maka nilai Y = 38,839. Ini dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil angket motivasi belajar sebesar 58,44, karena 38,839<58,44 maka H0 diterima sehingga Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bratan II No.170 Surakarta Tahun Ajaran 2013 sangat kecil yaitu sebesar 19,601. Perpaduan yang diberikan dari dua variabel tersebut adalah sebesar 41,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah: ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bratan II No.170 Surakarta Tahun Ajaran 2013 dan kecil pengaruh yang diberikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas V SD Negeri Bratan II No.170 Surakarta Tahun Ajaran 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:47
Last Modified: 17 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

View Item View Item