Perbedaan Antara Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Anak TK Idola Shiraathal Mustaqiim Tahun Ajaran 2013/2014

Astuti, Pramesti Dwi Ayu and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Perbedaan Antara Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Anak TK Idola Shiraathal Mustaqiim Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dengan mengamati dan kuesioner digunakan untuk mengetahui kepribadian ekstrovert, introvert dan ketrampilan berbicara anak. Observasi yang digunakan observasi tak partisipan dimana pengamatan berada diluar subjek yang sedang diteliti atau diamati. Kuesioner digunakan adalah kuesioner pertanyaan tertutup karena pertanyaan–pertanyaan yang ditulis telah disediakan jawaban pilihan. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik t-test untuk mencari perbedaan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap ketrampilan berbicara anak di TK Idola Shiraathal Mustaqiim tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian kepribadian ekstrovert dan introvert, yang diambil dari hasil skoring angket yang terdiri dari 16 item pertanyaan seluruh subyek sebanyak 66 anak di TK Idola Shiraathal Mustaqiim dari setiap anak nilai tertinggi dan nilai trendah dapat diketuhi hasil dari kepribadian eksrovert berjumlah 38 anak dan kepribadian introvert berjumlah 28 anak. Data ketrampilan berbicara anak diperoleh dengan menggunakan butir amatan terdiri dari 10 item pertanyaan. Sehingga dapat diperoleh Hasil skoring dari ketrampilan berbicara anak ekstrovert diperoleh nilai tertinggi 39 dan nilai terendah 21, mean sebesar 29,55 , range 17 , standar deviasi 3,66 dari jumlah (N) =66 responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap ketrampilan berbicara anak di TK Idola Shiraathal Mustaqiim tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Ekstrovert, Introvert
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:16
Last Modified: 19 Oct 2021 16:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31807

Actions (login required)

View Item View Item