Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak – Kanak Tunas Harapan 1 Bendo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun 2014 / 2015

Supadmi, Supadmi and , Drs. H. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak – Kanak Tunas Harapan 1 Bendo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode jarimatika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Obyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Tunas Harapan 1 Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Tahun 2014/2015. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak dan pembelajaran melalui metode Jarimatika. Data kemampuan berhitung permulaan dan data pembelajaran di kumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak sebelum tindakan adalah 30% dengan status perkembangan mulai berkembang, setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Jarimatika pada Siklus I kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 65% yang berarti status perkembangannya berada pada tahap berkembang sesuai harapan. Pada Siklus II kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 87% yang berarti pekembangannya berada pada tahap berkembang sangat pesat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode Jarimatika dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak pada Kelompok B TK Tunas Harapan 1 Bendo Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung permulaan metode jarimatika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:02
Last Modified: 20 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31806

Actions (login required)

View Item View Item