Peningkatan Konsentrasi Membaca Siswa Kelas III Dengan Strategi Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD N 2 Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

Naimah, Laili Nur and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Konsentrasi Membaca Siswa Kelas III Dengan Strategi Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD N 2 Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konnsentrasi membaca siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan Strategi Learning Start With A Question. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan subyek yang melakukan tindakan adalah Guru Kelas III dan penelitidan subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas III SD N 2 Kenteng Nogosari, Boyolali, dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi membaca siswa kelas III SD N 2 Kenteng, hal ini di tunjukkan dari hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 1) Siswa mampu membaca deanga intonasi atau pelafalan secara tepat dan jelas.(X1) pada pra siklus sebesar 36,36% namun pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 50%,siklus I pertemuan II sebesar 61,36%,siklus II pertemuan I sebesar 67,04%, sedangkan siklus II pertemuan II sebesar 82,95%. 2) Siswa mampu menerapkan tanda baca dengan benar pada saat membaca.(X2) pada pra siklus prosentasenya sebesar 37,5%, namun pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 44,31% dan siklus I pertemuan II menjadi 47,72%, siklus II pertemuan I menjadi 60,22% dan siklus II pertemuan II menjadi 86,36%. 3) Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan(X3) menunjukkan pada awal pra siklus sebesar 34,09%, sedangkan pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 43,18%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 50,00%, siklus II pertemuan I menjadi 62,5%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 81,81%. Sedangkan pada indicator terakhir 4) Kemampuan menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan(X4) pada awal atau pra siklus sebesar 36,36%, sedangkan pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 55,68%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 59,09%, pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 70,45% sedangkan pada siklus II pertemuan II menjadi 84,09%. Begitupula dengan hasil belajar siswa yang pada pra siklus siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa dan setelah dilakukan tindakan siswa yang belum tuntas berkurang dan siswa yang Tuntas mengalami peningkat dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II. Dan di akhir siklus yaitu siklus II pertemuan II siswa yang belum tuntas belajar hanyalah 1 anak saja yang dikarenakan siswa tersebut mengalami kelambanan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini strategi learning start with aquestion dapat meningkatkan konsentrasi membaca siswa kelas III SD N 2 Kenteng, Nogosari, Boyolali Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Membaca dan Learning start with a question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Feb 2015 09:31
Last Modified: 17 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item