Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning( PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas XI IPA-2 MAN 2 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 )

SYA’AFI, NOOR and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning( PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas XI IPA-2 MAN 2 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HAL._DEPAN.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._publikasi.pdf

Download (101kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-2 MAN 2 Boyolali dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitan guru pelajaran bertindak sebagai pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data-data selama penelitian berlangsung, serta siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 23 siswa sebagai subyek penerima tindakan dengan obyek penelitian adalah berpikir kritis matematika. . Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dengan menggunakan metode alur, yaitu meliputi proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan dalam penelitian ini sehingga keabsahan data dalam peneltian ini dapat dipertanggung jawabkan. Dalam penelitian ini data menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa. Adapun peningkatan kemampuan bepikir kritis matematika dapat dilihat dari indikator 1) minat siswa dalam mengajukan pertanyaan dari kondisi awal (17,39%) meningkat menjadi (78,26%), 2) kemampuan siswa menerapkan konsep dengan cara berbeda dari kondisi awal t(17,39%) meningkat menjadi (65,21%), 3) kemampuan siswa menyelesaikan dengan cara berbeda dari kondisi awal (17,39%)meningkat menjadi (73,91%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, berpikir kritis matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Feb 2015 13:29
Last Modified: 17 Oct 2021 23:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31762

Actions (login required)

View Item View Item