Peningkatan Keaktifan siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan pendekatan Saintifik(PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Surakarta Tahun 2013/2014)

SUTRIYANI, SUTRIYANI (2014) Peningkatan Keaktifan siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan pendekatan Saintifik(PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (228kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keaktifan belajar matematika melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VII C SMP Al-Irsyad Al-Islamiayyah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang terdiri dari 21 siswa.Siswa sebagai subjek yang menerima tindakan sedangkan guru sebagai subjek yang melaksanakan tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan interaktif. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika dilihat dari indikator yaitu: (1) siswa yang aktif mengemukakan pendapat sebelum tindakan ada 3 siswa (14,28%) setelah tindakan 17 siswa (80,95%), (2) siswa yang mengerjakan soal di depan kelas dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan ada 2 siswa ( 9,52% ) setelah tindakan 15 siswa (71,42%), (3) siswa berpartisipasi dalam diskusi kelompok sebelum tindakan 4 siswa (19,04 %) setelah tindakan 20 siswa (95,23 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Feb 2015 12:45
Last Modified: 02 Feb 2015 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31758

Actions (login required)

View Item View Item