Peningkatan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Van Hiele (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Semester Genap di SDN Jrahi 01 Tahun Ajaran 2013/2014)

HIKMAH, MUFATIKHAH ROUDOTUL and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Van Hiele (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Semester Genap di SDN Jrahi 01 Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (957kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (809kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator aktivitas matematika (a) antusisme siswa dalam mengikuti pembelajaran, kondisi awal 37,50% siklus I 68,75 siklus II 75% (b) siswa mampu berinteraksi dengan guru, kondisi awal 18,75% siklus I 56,25% siklus II 68,75% (c) aktivitas belajar kelompok, kondisi awal 43,75% siklus I 68,75% siklus II 87,50% (d) ketrampilan menggunakan alat peraga, kondisi awal 25,00% siklus I 50% siklus II 81,25% (e) partisipasi siswa menyimpulkan materi, kondisi awal 37,50% siklus I 56,25% siklus II 68,75%. Sedangkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu (a) siswa mampu mengkontruksikan permasalahan bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari, kondisi awal 37,50% siklus I 50,00% siklus II 75,00% (b) siswa dapat menerapkan konsep pada permasalahan yang tepat, kondisi awal 31,25% siklus I 62,50% siklus II 75,00% dan (c) siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai konsep yang benar, kondisi awal 31,25% siklus I 68,75% siklus II 81,25%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, pemahaman konsep, Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jan 2015 12:47
Last Modified: 17 Oct 2021 23:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item