Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi resource based learning (ptk pembelajaran matematika di kelas viii smp muhammadiyah purwodadi tahun ajaran 2013/2014)

KUSHARDANI, LUKISANITA and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi resource based learning (ptk pembelajaran matematika di kelas viii smp muhammadiyah purwodadi tahun ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_new.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pemblajaran matematika melalui strategi Resource Based Learning dan (2) mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pemblajaran matematika melalui strategi Resource Based Learning. Jenis penelitian ini PTK. Subyek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah Purwodadi, yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini. (1) Ada peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi (a) antusias siswa mengerjakan pree test sebelum tindakan, 10,81%, putaran I 13,51%, putaran II 18,91%, dan di akhir tindakan 32,4%, b) antusias siswa mengerjkan post test sebelum tindakan, 21,6%, putaran I 72,97%, putaran II 91,89%, dan diakhir tindakan 91,8%, c) antusias siswa mengerjakan ulangan sebelum tindakan, 27,02%, putaran I 89,18%, putaran II 94,59% dan di akhir tindakan 97,3% dan (2)ada peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar siswa yaitu siswa yang mendapat nilai lebih dan KKM ≥ 70 sebelum tindakan 27,02%, putaran I 89,18%, putaran II 94,59% putaran III 97,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Resource Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, hasil belajar, resource based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 26 Jan 2015 14:52
Last Modified: 17 Oct 2021 23:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31725

Actions (login required)

View Item View Item