RUKMINI, ERNI and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06__DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara model Hermeneutika dan Make a Match terhadap pemahaman matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dari 2 kelas yang diperoleh dengan teknik random sampling dan dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (VIII E) dan kelas kontrol (VIII C). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman matematika siswa yang dikenai model Hermeneutika lebih baik dari pada pemahaman matematika siswa yang dikenai model Make a Match, dengan statistik uji Fa > Ftabel, yaitu 4,0998 > 4,04 dan rata-rata nilai pemahaman matematika siswa yang dikenai model Hermeneutika lebih besar dari model Make a Match, yaitu 80,071 > 70,407 (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, dengan statistik uji Fb < Ftabel, yaitu 1,5911 < 3,19. (3) Tidak ada efek interaksi antara model Hermeneutika dan Make a Match ditinjau dari keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, dengan statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,7127 < 3,19.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hermeneutika, Kekatifan belajar, Make a Match, Pemahaman matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 13:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31723 |
Actions (login required)
View Item |