Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Sukoharjo

RUKMINI, ERNI and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06__DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara model Hermeneutika dan Make a Match terhadap pemahaman matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dari 2 kelas yang diperoleh dengan teknik random sampling dan dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (VIII E) dan kelas kontrol (VIII C). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman matematika siswa yang dikenai model Hermeneutika lebih baik dari pada pemahaman matematika siswa yang dikenai model Make a Match, dengan statistik uji Fa > Ftabel, yaitu 4,0998 > 4,04 dan rata-rata nilai pemahaman matematika siswa yang dikenai model Hermeneutika lebih besar dari model Make a Match, yaitu 80,071 > 70,407 (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, dengan statistik uji Fb < Ftabel, yaitu 1,5911 < 3,19. (3) Tidak ada efek interaksi antara model Hermeneutika dan Make a Match ditinjau dari keaktifan siswa terhadap pemahaman matematika, dengan statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,7127 < 3,19.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hermeneutika, Kekatifan belajar, Make a Match, Pemahaman matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 13:34
Last Modified: 17 Oct 2021 22:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31723

Actions (login required)

View Item View Item