Penerapan Strategi Grup Investigasi Dengan Pendekatan Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014)

LESTARI, SRI and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Grup Investigasi Dengan Pendekatan Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan strategi grup investigasi dengan pendekatan polya pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 2 Karanganyar berjumlah 36 siswa. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secaradeskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) kemampuan memahami masalah sebelum melakukan tindakan 50% dan setelah melakukan tindakan 100%, 2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah sebelum melakukan tindakan 50% dan setelah melakukan tindakan 94,5%, 3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum melakukan tindakan 25% dan setelah melakukan tindakan 91,67%, 4) kemampuan melakukan pengecheckan sebelum melakukan tindakan 25% dan sesudah melakukan tindakan 88,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Grup Investigasi dengan pendekatan Polya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grup Investigasi, Polya, Problem Solving, Kemampuan memecahkan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 13:22
Last Modified: 17 Oct 2021 22:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31722

Actions (login required)

View Item View Item