Analisis Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kartasura)

SOLIKATUN, SITI and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Analisis Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter siswa setelah diterapkan kurikulum 2013. Informan dalam penelitian ini adalah guru matematika, guru wali kelas, serta siswa kelas XI MIA-5 SMA Negeri 1 Kartasura. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan angket sebagai metode pokok. Metode bantu berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu pengumpuan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap guru memiliki cara sendiri dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa, khususnya pada pembelajaran matematika. Dari data yang diperoleh langkah awal yang dilakukan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa adalah dengan selalu memberikan motivasi kepada siswa diawal dan akhir pembelajaran untuk selalu menjadi pribadi yang baik. Perkembangan nilai karakter siswa sudah baik, dengan persentase yang paling rendah adalah 61,40% yaitu sikap kerja keras. Sedangkan untuk presentase yang paling tinggi adalah 99,12% yaitu sikap kedisiplinan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter siswa, pembelajaran matematika, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:50
Last Modified: 17 Oct 2021 22:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item