Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Problem Based Learning (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIIB Semester Genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta Tahun 2013/2014)

KHOIRUNNISA, SABILA (2014) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Problem Based Learning (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIIB Semester Genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta. Secara khusus, mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta dengan PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan PBL. Kegiatan penelitian tindakan merupakan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan. Peningkatan kemandirian belajar matematika dilihat dari data berikut: a) siswa yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab belajar dari 3 siswa (10%), pada siklus pertama 11 siswa (36,67%) dan pada siklus kedua 21 siswa (70%), b) siswa yang mampu mengatasi masalah dari 4 siswa (13,33%) pada siklus pertama 9 siswa (30%) dan pada siklus kedua 19 siswa (63,33%), c) siswa yang percaya pada kemampuan belajar diri sendiri dari 5 siswa (16,67%), pada siklus pertama 12 siswa (40%) dan pada siklus kedua 18 siswa (60%), d) siswa yang mampu mengatur cara belajarnya sendiri dari 3 siswa (10%) pada siklus pertama 10 siswa (33,33%) dan pada siklus kedua 23 siswa (76,67%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar, kemandirian, problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:11
Last Modified: 26 Jan 2015 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31716

Actions (login required)

View Item View Item