Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Panjunan 02 Tahun 2014/ 2015

Wicaksono, Desvian Halim Ilon and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2014) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Panjunan 02 Tahun 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
haldepan.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dafpus.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL adalah cara penyajian pelajaran di mana siswa melakukan penyelidikan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Proses pembelajaran dilakukan dengan penyelidikan, di mana siswa membuktikan sendiri teori yang dipelajari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Panjunan 02 Pati. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan cukup signifikan antar kondisi awal (41,6%), siklus I (56,5%), dan siklus II (80,8%). Peningkatan aktivitas belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru melalui penerapan model PBL mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 73,88% (baik) menjadi 90,15% (sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Panjunan 02. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan model PBL pada mata pelajaran IPA dengan berbantuan meida video pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2015 13:25
Last Modified: 14 Oct 2021 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31712

Actions (login required)

View Item View Item