Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Otoriter Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP

KURNIATI , Indah (2014) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Otoriter Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (780kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Sekolah merupakan tempat pengajaran siswa di bawah pengawasan guru dalam proses belajar dan mengajarkan siswa untuk menjadi anak yang mampu memajukan bangsa. Namun pada kenyataannya fenomena mengenai kekerasan di sekolah atau bullying terus bermunculan. Fenomena bullying dapat terjadi karena salah satu faktor penyebab yaitu persepsi terhadap pola asuh otoriter dari orang tua. Persepsi mengenai pengasuhan yang otoriter dari orang tua dapat menimbulkan muculnya kecenderungan perilaku bullying karena siswa melakukan imitasi terhadap apa yang dilakukan oleh orang tuanya ketika berada di rumah kemudian cenderung mengikuti perilaku tersebut ketika berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara persepsi terhadap pola asuh otoriter dengan kecenderungan perilaku bullying siswa 2) tingkat persepsi siswa terhadap pola asuh otoriter 3) tingkat kecenderungan perilaku bullying siswa 4) sumbangan efektif persepsi terhadap pola asuh otoriter dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh otoriter dengan Kecenderungan perilaku bullying. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Negeri 1 Gondangrejo yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap pola asuh otoriter dan skala kecenderungan perilaku bullying. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis Product moment diperoleh nilai koefisien korelasi rxy sebesar = 0,602; p = 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pola asuh otoriter dengan Kecenderungan perilaku bullying. Sumbangan efektif ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar = 0,362 yang menunjukkan bahwa persepsi terhadap pola asuh otoriter mempengaruhi variabel kecenderungan perilaku bullying sebesar = 36,2% dan 63,8% sisanya dipengaruhi variabel lainnya. Subjek dalam penelitian ini mempunyai tingkat persepsi terhadap pola asuh otoriter tergolong kategori sedang dengan rerata empirik sebesar = 51,95 dan rerata hipotetik sebesar = 52,5 subjek juga mempunyai kecenderungan perilaku bullying yang rendah dengan rerata empirik sebesar = 49,78 dan rerata hipotetik sebesar 57,5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap pola asuh otoriter, kecenderungan perilaku bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Jan 2015 12:50
Last Modified: 23 Jan 2015 13:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31697

Actions (login required)

View Item View Item