Peningkatan Komunikasi Dan Penalaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas VIIIG Semester Genap SMP N 1 Sambi 2013/ 2014)

HIMAWAN, KUKUH and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Penalaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas VIIIG Semester Genap SMP N 1 Sambi 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika baggi siswa SMP Negeri 1 Sambi kelas VIII G dengan strategi Realistic Mathematic Education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakaan kelas yang terdiri atas dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) kemampuan siswa untuk bertanya dan menjawab (aspek lisan) sebelum tindakan 20,0%, pada tindakan kelas putaran I mencapai 40,0%, dan setelah dilakukan tindakan pada putaran II menjadi 63,3%, 2) siswa mampu menggunakan simbol-simbol secara tepat (aspek tulis) sebelum tindakan 36,6%, pada tindakan kelas putaran I mencapai 53,3%, dan setelah dilakukan tindakan kelas putaran II menjadi 70,0%, 3) kemampuan siswa untuk mengubah permasalahan ke dalam ilustrasi penyelesaian (aspek gambar) sebelum tindakan 13,3%, pada tindakan kelas putaran I mencapai 30,0%, dan pada tindakan kelas putaran II menjadi 60,0%. Sedangkan pencapaian indikator penalaran matematika yaitu: 1)kemampuan siswa untuk mengajukan dugaan sebelum tindakan 16,6%, pada tindakan kelas putaran I mencapai 40,0%, dan pada tindakan kelas putaran II menjadi 66,6%, 2) siswa mampu menarik kesimpulan dari pernyataan sebalum tindakan 33,3%, pada tindakan kelas putaran I mencapai 43,3%, dan pada tindakan kelas putaran II menjadi 70,0%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi, penalaran, Realistic Mathematic Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Jan 2015 13:51
Last Modified: 17 Oct 2021 22:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31694

Actions (login required)

View Item View Item