Peningkatan Kemampuan Bernalar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Dengan Bantuan LKS(PTK Bagi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Tawangsari Tahun 2013/2014)

Cahya, Fauzy Ahdhiat Dwi (2014) Peningkatan Kemampuan Bernalar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Dengan Bantuan LKS(PTK Bagi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Tawangsari Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan bernalar matematika melalui pendekatan kooperatif tipe bamboo dancing dengan bantuan LKS. Jenis penelitian kualitatif desain PTK. Subjek penerima tindakan siswa kelas VIII B SMP N 2 Tawangsari berjumlah 30 siswa, subjek pemberi tindakan guru matematika kelas VIIIB SMP N 2 Tawangsari. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. Validitas data dengan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan bernalar matematika siswa melalui pendekatan kooperatif tipe bamboo dancing dengan bantuan LKS. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa untuk menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram sebelum tindakan sebesar 50,00% diakhir tindakan mencapai 72,22%, 2) kemampuan siswa untuk mengajukan dugaan sebelum tindakan sebesar 43,33% diakhir tindakan mencapai 73,33%, 3) kemampuan siswa untuk melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan sebesar 43,33% diakhir tindakan mencapai 60,00%, 4) kemampuan siswa untuk memeriksa kesahihan suatu argumen sebelum tindakan sebesar 47,77% diakhir tindakan mencapai 71,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe bamboo dancing dengan bantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan bernalar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bernalar, lembar kerja siswa, bamboo dancing
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Jan 2015 13:00
Last Modified: 21 Jan 2015 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31689

Actions (login required)

View Item View Item