Penerapan Strategi Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep – Konsep Dasar Matematika

Astuti, Lutfiana Budi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep – Konsep Dasar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep – konsep dasar matematika bagi siswa dengan menggunakan strategi realistic mathematics education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah guru memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII di SMP Bhakti Praja 4 Kalijambe berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep – konsep dasar matematika. Indikator dari penelitian menunjukkan: Siswa mampu mengenal dan mengidentifikasi dua atau lebih bentuk yang identik dari benda yang sama adalah anggota dari kelas yang sama dari kondisi awal ada 9 siswa (60,00%), siklus I ada 13 siswa (86,67%), siklus II ada 15 siswa (100,00%). Siswa mampu menggunakan rumus dari dua contoh berbeda di kelas yang sama dari kondisi awal ada 7 siswa (46,67%), siklus I ada 10 siswa (66,67%), siklus II ada 14 siswa (93,33%). Siswa mampu menyimpulkan hasil identifikasi serta dapat mengklasifikasinya dengan baik dari kondisi awal ada 3 siswa (20,00%), siklus I ada 7 siswa (46,67%), siklus II meningkat menjadi 11 siswa (73,33%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan realistic mathematics education bisa meningkatkan pemahaman konsep – konsep dasar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Jan 2015 12:42
Last Modified: 17 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31686

Actions (login required)

View Item View Item