Astuti, Lutfiana Budi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep – Konsep Dasar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (666kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep – konsep dasar matematika bagi siswa dengan menggunakan strategi realistic mathematics education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah guru memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII di SMP Bhakti Praja 4 Kalijambe berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep – konsep dasar matematika. Indikator dari penelitian menunjukkan: Siswa mampu mengenal dan mengidentifikasi dua atau lebih bentuk yang identik dari benda yang sama adalah anggota dari kelas yang sama dari kondisi awal ada 9 siswa (60,00%), siklus I ada 13 siswa (86,67%), siklus II ada 15 siswa (100,00%). Siswa mampu menggunakan rumus dari dua contoh berbeda di kelas yang sama dari kondisi awal ada 7 siswa (46,67%), siklus I ada 10 siswa (66,67%), siklus II ada 14 siswa (93,33%). Siswa mampu menyimpulkan hasil identifikasi serta dapat mengklasifikasinya dengan baik dari kondisi awal ada 3 siswa (20,00%), siklus I ada 7 siswa (46,67%), siklus II meningkat menjadi 11 siswa (73,33%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan realistic mathematics education bisa meningkatkan pemahaman konsep – konsep dasar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | realistic mathematics education, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 12:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 13:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31686 |
Actions (login required)
View Item |