RAUUF, HANIF MUHAMMAD and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas VII Semester II SMP N 22 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (430kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (509kB) |
Abstract
Matematika pada umumnya dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa, karena mata pelajaran matematika identik dengan angka-angka dan rumus-rumus, selain itu mata pelajaran matematika sering dikaitkan dengan guru yang tegas dan disiplin. Strategi kontekstual merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan ketrampilan pemecahan masalah matematika dengan strategi Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian dengan dialog awal, perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan evaluasi, dan penyimpulan persiklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N 22 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan komparasi. Hasil penelitian ada peningkatan kerampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning. Diamati dari meningkatnya 1) Memahami masalah pada kondisi awal sebesar (21,87%) dan diakhir siklus mencapai (84,37%), 2) Merumuskan penyelesaian masalah pada kondisi awal sebesar (18,75%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 3) Menyelesaikan masalah sesuai rencana pada kondisi awal sebesar (15,62%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 4) Menafsirkan hasil pada kondisi awal sebesar (15,62%), dan diakhir siklus mencapai (78,12%). Disimpulkan bahwa penggunaan strategi CTL pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan ketrampilanpemecahan masalah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual, pemecahan masalah, berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 12:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31680 |
Actions (login required)
View Item |