Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Pati Tahun 1990 – 2012

Ulan, Totok (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Pati Tahun 1990 – 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (BAb III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Pati 1990- 2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah, dan krisis ekonomi terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Pati tahun 1990- 2012. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari badan pusat statistik (BPS) yang diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan metode Ordinary Least Squares (OLS). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendapatan asli daerah sebagai variabel dependen, sedangkan produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah, dan krisis ekonomi sebagai variabel independen.Guna menguji kevaliditasan model maka dilakukan pengujian yaitu uji spesifikasi model (uji ramsey-reset), uji normalitas ut, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi), uji validitas pengaruh (uji t), uji F, dan koefisien determinasi R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji spesifikasi model diketahui bahwa model linier, untuk uji normalitas distribusi ut normal. Uji asumsi klasik diketahui bahwa pada uji multikolinieritas terdapat masalah multikol pada PDRB dan pengeluaran pemerintah sedangkan pada uji heteroskedasitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan masalah. Uji validitas pengaruh (uji t) untuk variabel pengeluaran pemerintah dan krisis ekonomi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada α = 1%, sedangkan jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah kabupaten pati sampai dangan α = 10%. Dari uji F menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah dan krisis ekonomi secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada α = 1%. Nilai R2 sebesar 0.992143 artinya 99,21% menunjukkan bahwa variasi pendapatan asli daerah dapat dijelaskan oleh variabel produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah dan krisis ekonomi. Sementara sisanya 0,79% dijelaskan oleh variabel bebas lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, pengeluaran pemerintah, dan krisis ekonomi, pendapatan asli daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jan 2015 08:32
Last Modified: 21 Jan 2015 08:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31666

Actions (login required)

View Item View Item