Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Ertanto, Andri and , Dr. Nafron Hasyim and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2014) Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, (2) aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan tinjauan psikologi sastra, (3) implementasi hasil penelitian ini sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Objek dalam penelitian ini adalah aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. Data yang digunakan berupa kalimat dan paragraf. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, yang berupa novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, artikel, dan internet. Teknik analisis data menggunakan model pembacaan semiotik, yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan bahwa tema dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong adalah hubungan anak dengan ayahnya. Alur yang digunakan campuran. Tokoh dalam novel ini terdiri dari Dam, Ayah Dam, Ibu Dam, Jarjit, Taani, Retro, Zas dan Qon. Latar tempat dalam novel ini terdapat di angkutan umum, kolam renang, rumah, stadion, sekolah, dan stasiun. Latar waktu dalam novel ini secara eksplisit dan implisit. Latar sosial digambarkan dengan kehidupan keluarga Dam yang sederhana dan kehidupan keluarga Jarjit yang kaya raya. Analisis aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra menghasilkan aspek motivasi aktif atau dinamis dan aspek motivasi pasif atau statis. Implementasi hasil penelitian ini dalam pembelajaran sastra di SMA didasarkan pada standar kompetensi membaca yang termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek motivasi, novel Ayahku (Bukan) Pembohong, psikologi sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:59
Last Modified: 14 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31659

Actions (login required)

View Item View Item