Peranan pegadaian dalam ikut memberikan penjaminan dan melindungi hak asasi sosial ekonomi anggota masyarakat (study kasus pada nasabah pegadaian cabang sragen)

APRIYANI, NUR (2014) Peranan pegadaian dalam ikut memberikan penjaminan dan melindungi hak asasi sosial ekonomi anggota masyarakat (study kasus pada nasabah pegadaian cabang sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peranan pegadaian dalam ikut memberikan penjaminan dan melindungi hak asasi sosial ekonomi masyarakat (Study Kasus pada Nasabah Pegadaian Cabang Sragen), 2) Mendeskripsikan bentuk kegiatan apa saja yang diselenggarakan pihak pegadaian sehubungan dengan keperluan kredit masyarakat, 3) Mendeskripsikan alasan yang dipakai oleh nasabah dalam pengajuan kredit di pegadaian, 4) Mendesakripsikan untuk keperluan apa saja uang pinjaman dari pegadaian oleh nasabah, dan 5) Mendeskripsikan pendapat nasabah tentang manfaat uang pinajaman dari pegadaian: Bidang Sosial (Pendidikan dan Kesehatan) dan Bidang Ekonomi (Pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah nasabah Perusahaan Umum Pegadaian Cabang Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Peranan Perum Pegadaian adalah sebagai berikut: a) Melakukan penyediaan dana bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, b) Meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah melalui penyaluran kredit dengan sistem gadai, dan c) Mencegah dan memberantas praktek pegadaian gelap, pengijon dan pinjaman tidak wajar lainnya. 2) Bentuk kegiatan yang diselenggarakan pihak PT. Pegadaian Cabang sehubungan dengan keperluan kredit masyarakat, meliputi: penghimpunan dana dan penggunaan dana. 3) Alasan yang dipakai oleh nasabah dalam pengajuan kredit di pegadaian adalah agar barang yang digadaikan aman, barang yang digadaikan bisa ditebus kembali sesuai perjanjian, agar tidak dibebani bunga rentenir. 4) Peminjaman dana tunai masyarakat kepada pihak pegadaian umumnya untuk keperluan pendidikan dan kesehatan. Untuk keperluan pendidikan, biasanya digunakan untuk biaya pendaftaran sekolah baru dan untuk kesehatan biasanya digunakan untuk membiayai anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan dana besar untuk perawatannya. 5) Pendapat nasabah tentang manfaat uang pinjaman dari PT. Pegadaian Cabang Sragen yaitu masyarakat pada umumnya merasa lebih puas menjaminkan barang-barang mereka untuk mendapatkan pinjaman di pegadaian daripada di tempat lain. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, masyarakat lebih nyaman dengan pegadaian daripada lembaga keuangan lainnya yang cenderung memberikan proses berbelit-belit

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pegadaian, Penjaminan, Hak Asasi Sosial Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:21
Last Modified: 20 Jan 2015 15:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31653

Actions (login required)

View Item View Item