Keanekaragaman dan Kelimpahan Makrozoobentos di Pantai Kartika Jaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Fikri, Nurul and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Keanekaragaman dan Kelimpahan Makrozoobentos di Pantai Kartika Jaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_NURUL_FIKRI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sekitar pantai Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal pada bulan Maret-Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Keanekaragaman, Indeks Keseragaman, indeks Dominansi dan kepadatan makrozoobentos di sekitar pantai desa kartika jaya kecamatan patebon kabupaten Kendal. Lokasi penelitian dibagi menjadi 3 stasiun, yaitu stasiun I (daerah bibir pantai), stasiun II (daerah pertambakan), dan stasiun III (daerah dekat pemukiman). Metode yang digunakan adalah metoode plot (berpetak) dengan susunan acak. Pengumpulan data digunakan dengan beberapa metode. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan Indeks Keanekaragaman, Indeks Keseragaman, Indeks dominansi dan kepadatan individu. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 15 jenis makrozoobentos di kawasan pantai Kartika Jaya Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Jenis spesies yang ditemukan adalah Cerithidea Quadrata, Cerithidea Scalariformis, Crepidula convexa, Cylichna oculata, Margarites cenereus, Melampus coffeus, Nassaris albus, Pedipes mirabilis, Sinum maculatum, Tricolia affinis, Telescopium mauritis, Nucula verrilli, Pitar circinata, Sesarma sp., Uca sp. Indeks Keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun I (daerah bibir pantai) sebesar 2,3 dengan 15 jenis makrozoobentos. Indeks Keseragaman pada lokasi penelitian berkisar 0,50 – 0,58. Indeks Dominansi tertinggi terdapat pada stasiun I (daerah bibir pantai) sebesar 0,87. Spesies makrozoobentos yang paling banyak ditemukan adalah Cerithidea Scalariformis yaitu 336 individu dan yang paling sedikit adalah Pedipes mirabilis yaitu 7 individu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makrozoobentos, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, indeks dominansi, pantai desa kartika jaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Jan 2015 13:24
Last Modified: 19 Oct 2021 00:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item