Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Informasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011

Purwanto, Yeny and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2014) Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Informasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BAb III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (20MB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh gaya mengajar dosen pada hasil belajar mata kuliah TIP Progdi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2011. 2) Pengaruh motivasi belajar pada hasil belajar mata kuliah TIP Progdi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2011. 3) Pengaruh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah TIP Progdi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2011. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Popoulasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 yang mengikuti mata kuliah teknologi informasi pembelajaran yang berjumlah 66 mahasiswa dengan sampel 55 yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis data menunjukkan persamaan garis linier Y=55,000+0,229X1+0,306X2. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Gaya mengajar dosen berpengaruh positif dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah TIP. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,563>2,007 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah TIP. Bedasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,904>2,007 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) Gaya mengajar dosen beserta motivasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah TIP. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 28,354>3,175 dengan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 55,7% dan sumbangan efektif sebesar 29,1%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 44,3% dan sumbangan efektif sebesar 23,1%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,522 yang berarti 52,2% hasil belajar dipengaruhi oleh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar, sisanya 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar TIP, Gaya Mengajar Dosen, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Jan 2015 12:46
Last Modified: 13 Oct 2021 14:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item View Item