Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PKN Pada Siswa SMK Negeri 5 Sukoharjo Tahun 2014

Purnomo, Joko (2014) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PKN Pada Siswa SMK Negeri 5 Sukoharjo Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menganalisis secara empiris efektifitas faktor kemandirian belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa SMK Negeri 5 Sukoharjo tahun 2014, 2) mengetahui dan menganalisis efektifitas faktor persepsi mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn pada siswa SMK Negeri 5 Sukoharjo tahun 2014, 3) mengetahui dan menganalisis secara empiris efektifitas kemandirian belajar dan persepsi mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn pada siswa SMK Negeri 5 Sukoharjo tahun 2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan bersifat expost facto. Obyek penelitian penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 5 Sukoharjo tahun 2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Sampling Populasi. Variabel pengaruh penelitian ini adalah kemandirian belajar dan persepsi mengajar guru di SMK Negeri 5 Sukoharjo. Variabel terpengaruh dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai variabel (Y). Prestasi Belajar (Y). Teknik uji persyaratan analisis dalam penelitian ini dan yang digunakan peneliti, meliputi analisis, uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Kemandirian belajar siswa ke prestasi belajar PKn siswa adalah 0.720 dan sig. 0.000, memiliki arti bahwa hubungan antara kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar PKn siswa adalah sangat kuat dan signifikan. Kemandirian belajar siswa mampu meningkatkan secara signfikan prestasi belajar PKn siswa. H1: Kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PKn siswa diterima dan H0 ditolak. Hipotesis pertama terbukti. 2) Persepsi mengajar guru adalah 0.522 dan sig. 0.000, memiliki arti bahwa hubungan antara persepsi mengajar guru ke prestasi belajar PKn siswa adalah kuat dan signifikan. H2: Persepsi mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PKn siswa diterima dan H0 ditolak. Hipotesis kedua terbukti. 3) Kemandirian belajar dan persepsi mengajar guru secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn siswa. Hasil analisis koefisien determinan R (Ajusted R Square) adalah sebesar 0.528 atau 52.8%. Variabel prestasi belajar PKn siswa dijelaskan oleh variabel kemandirian belajar siswa dan persepsi mengajar guru sebesar 52.8% sisanya 47.2% dijelaskan variabel diluar model. H3: Kemandirian belajar dan persepsi mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa PKn siswa diterima dan H0 ditolak. Hipotesis ketiga terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, persepsi mengajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 08:48
Last Modified: 19 Jan 2015 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item