Pembentukan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

Efendi, Muhammad Didik Bagus (2014) Pembentukan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pembentukan karakter kerja keras pada siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014; (2) Kendala dan solusi pembentukan karakter kerja keras pada siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini berjenis kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, guru IPA, dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknisis analisis yang digunakan adalah model interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif secara teoritis atau pun praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam pembentukan karakter kerja keras pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: 1) Guru menciptakan suasana kompetisi yang sehat; 2) Guru menciptakan kondisi etos kerja yang pantang menyerah kepada siswa; 3) Guru menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja/belajar kepada siswa; dan 4) Guru menyediakan atau memerintahkan siswa untuk membuat pajangan slogan/motto tentang giat bekerja/belajar. Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter adalah: 1) sebagian siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah; 2) sebagian siswa memiliki motivasi rendah dalam proses pembelajaran; 3) sebagian siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran di kelas; 4) sebagian siswa acuh tak acuh terhadap pajangan atau slogan terkait motivasi yang dipajang di dinding kelas; dan 5) sebagian siswa mencoret-coret pajangan atau slogan terkait motivasi yang dipajang di dinding kelas. Solusi mengatasi kendala yang terjadi adalah: 1) guru terus berusaha memberikan semangat kepada siswa; 2) guru terus berusaha memberikan bimbingan kepada siswa; 3) guru memberikan reward (penghargaan/pujian) atau punishment (hukuman) bagi siswa; 4) guru menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang variatif; 5) dan Guru membuat pajangan yang lebih menarik agar bisa mencuri perhatian siswa sehingga muncul ketertarikan untuk membaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Solusi, Pembentukan, Karakter, Kerja Keras.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 08:36
Last Modified: 19 Jan 2015 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item View Item