Implementasi Karakter Gotong Royong Dan Peduli Sosial Dalam Kerja Bakti Mingguan (Studi Kasus pada Masyarakat di Desa Miri Slogoretno Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri)

Prabowo, David and , Dra. Hj. Sri Arfiah, SH.,M.Pd. (2014) Implementasi Karakter Gotong Royong Dan Peduli Sosial Dalam Kerja Bakti Mingguan (Studi Kasus pada Masyarakat di Desa Miri Slogoretno Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implemetasi karakter gotong royong dan peduli sosial dalam kerja bakti mingguan pada Masyarakat Di Desa Miri Slogoretno Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Latar belakang penelitian yaitu karakter gotong royong dan peduli sosial hal ini terkait dengan pembelajaran pendidikan kewarganegaran dalam materi sosiologi. Materi sosiologi mengadung banyak karakter diantaranya karakter gotong royong dan pedulisosial. Gotong royong merupakan sikap mau bekerja sama dengan baik sehingga pekerjaan cepat selesai. Peduli sosial merupakan sikap mau membantu kesulitan orang lain secara iklas tanpa paksan. Penelitian ini menggunakan sumber data meliputi narasumber atau informan, tempat dan aktivitas, serta arsip maupun dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik pengumpulan data. Penelitian menggunakan teknik analisis data model interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implemetasi karakter gotong royong dan peduli sosial dalam kerja bakti mingguan pada Masyarakat di Desa Miri Slogoretno Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri berdasarkan indikator gotong royong dapat dilihat bahwa masyarakat memiliki sifat Mau bekerja sama dengan baik, menyadari dan mempunyai prinsip bahwa tujuan akan lebih mudah dan cepat tercapai jika dikerjakan bersama-sama dan tidak egoistis. Berdasarkan indikator peduli sosial dapat dilihat bahwa masyarakat dalam kerja bakti dapat Memperlakukan orang lain dengan sopan, Bertindak santun, Mau mendengarkan orang lain dan Tidak merendahkan orang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gotong Royong, Penuli Sosial Dan Kerja Bakti
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 07:38
Last Modified: 19 Oct 2021 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31625

Actions (login required)

View Item View Item