Penanaman Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Negeri Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014)

Maysarah,, Hayu Laila (2014) Penanaman Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Negeri Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (893kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penanaman karakter kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Luar Biasa Negeri Sragen, (2) mendiskripsikan hambatan-hambatan yang dialami dalam penanaman karakter kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler di SLB Negeri Sragen, (3) mendiskripsikan solusi atas hambatan-hambatan dalam penanaman karakter kemandirian pada siswa SLB Negeri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Sragen yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, observasi, dan mencatat dokumen. Prosedur dalam penelitian ini yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data dan analisis dokumentasi. Analisis data model interaktif terdapat beberapa tahapan. Tahapan tersebut adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter kemandirian dalam kegiatan ekstrakurikuler penting untuk dilakukan. Siswa tidak merasa rendah diri apabila berbeda dengan orang lain.(1) siswa diikut sertakan jika ada pesanan untuk menjadi tata rias pengantin, nanti lama-kelamaan siswa akan mahir untuk menjadi juru tata rias pengantin dan memiliki keterampilan yang bisa dijual, (2) siswa diajarkan latihan kegunaan dari salah satu aplikasi komputer seperti Ms. Word dan Excel, serta cara mengoperasikannya, (3) siswa diajarkan bagaimana cara menata rambut dan Make Up. Hambatan yang dialami dalam menanamkan karakter kemandirian dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah (1) diawal dilakukan kegiatan siswa cenderung mengulur waktu, (2) guru kurang selamangat dalam mengajar ekstrakurikuler, (3) guru kurang selamangat dalam mengajar ekstrakurikuler. di awal kegiatan peserta cenderung mengulur waktu. Solusi yang dilakukan dalam penanaman karakter kemandirian adalah (1) adanya motivasi dari orang tua siswa, (2) guru pembina memberikan motivasi, bimbingan, dan perhatian yang lebih kepada siswa sehingga siswa akan merasa lebih dekat dengan gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter kemandirian, ekstrakurikuler
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 07:32
Last Modified: 19 Jan 2015 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31624

Actions (login required)

View Item View Item