Implementasi Bantuan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Berdasarkan Perda No. 11-A Tahun 2012 Tentang BPMKS)

Prasetyo, Kukuh Anjar (2014) Implementasi Bantuan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Berdasarkan Perda No. 11-A Tahun 2012 Tentang BPMKS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan implementasi Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. 2) Untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. 3) Untuk mendiskripsikan solusi dalam menghadapi kendala pelaksanaan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber dara dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Analisinya menggunakan model interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam menyalurkan BPMKS tidak mengambil keuntungan, pembagiannya sama rata serta sekolah memudahkan siswanya untuk mendapatkan bantuan tersebut asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan, pelaksanaannya dilakukan secara transparan dan membuat laporan pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana tersebut, serta telah sesuai pada sasarannya, baik tepat kepada yang seharusnya menerima dan tepat pada pemanfaatnnya. 2) Kendala yang dihadapi adalah a) Pengumpulan berkas-berkas siswa terlambat, b) Pencairan dana BPMKS juga terlambat. 3) Solusi untuk menghadapinya adalah a) Sekolah telah memberi informasi kepada siswa dengan surat pemberitahuan, b) Semua pihak terkait harus bersinergi secara teratur baik sekolah maupun DIKPORA dan DPPKA demi kelancaran bantuan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebijakan publik, bantuan pendidikan, bantuan pendidikan masyarakat kota surakarta (BPMKS).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 07:24
Last Modified: 19 Jan 2015 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31623

Actions (login required)

View Item View Item