Realisasi Tindak Kesantunan Komisif Pada Penggunaan Bahasa Promosi Transaksi Penjual Pasar Tradisional Nglangon Sragen

Widati, Ari Catur and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum (2014) Realisasi Tindak Kesantunan Komisif Pada Penggunaan Bahasa Promosi Transaksi Penjual Pasar Tradisional Nglangon Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan (1) Mendeskripsikan bentuk kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. (2) Mendeskripsikan skala kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. (3) Mendeskripsikan teknik dan strategi kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisonal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode padan pragmatis. Hasil penelitian ini: (1) Bentuk TKK yang digunakan oleh penjual pasar tradisional saat melakukan kegiatan transaksi tampak lebih dominan menggunakan TKK menjanjkan yaitu sebanyak 11 data, sedangkan bentuk TKK menawarkan ditemukan 7 data, dan TKK bersumpah 2 data. (2) Skala Kesantunan Komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen tampak didominasi oleh skala untung rugi yaitu sebanyak 8 data, 6 data skala pilihan, dan 6 data mengandung skala ketaklangsungan. (3) Strategi dan teknik TKK yang digunakan oleh penjual pasar tradisional Nglangon Sragen saat melakukan transaksi tampak lebih dominan menggunakan strategi tidak langsung yaitu sebanyak 11 data, kemudian diikuti dengan teknik tidak literal 6 data, teknik literal 2 data dan strategi langsung 1 data

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesantunan, komisif, bahasa promosi, pasar tradisional
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Jan 2015 11:54
Last Modified: 14 Oct 2021 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31603

Actions (login required)

View Item View Item