Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Kota Surakarta

SASONGKO, LINTANG AJI (2014) Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pubikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan jenis tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat di Kota Surakarta, (2) untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat di Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan jenis penelitian metode padan ekstralingual. Objek penelitian ini berupa kalimat pada iklan layanan masyarakat di Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, teknik catat. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan pustaka. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa iklan layanan masyarakat di Kota Surakarta ditemukan dua jenis tindak tutur ilokusi. Jenis tindak tutur ilokusi itu adalah tindak tutur asertif dan direktif, sedangkan bentuk tuturan komisif, ekspresif, dan deklaratif tidak ditemukan dalam penelitian ini. Tuturan Asertif meliputi verba; (1) mengatakan, (2) memberitahu, (3) menegaskan. Tuturan direktif meliputi verba; (1) memerintah, (2) melarang, (3) mengharuskan, (4) mengajak, (5) menyarankan, (6) mengingatkan. Fungsi tindak ilokusi yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat di Kota Surakarta terdiri atas 4 fungsi. Fungsi kompetitif meliputi; (1) fungsi memerintah, (2) fungsi meminta. Fungsi menyenangkan meliputi; (1) fungsi menawarkan, (2) fungsi mengundang, (3) fungsi menyambut. Fungsi bekerja sama meliputi; (1) fungsi mengumumkan, (2) fungsi menginstruksikan. Fungsi bertentangan meliputi; (1) fungsi mengancam, (2) fungsi mengutuk, (3) fungsi menegur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asertif, direktif, kompetitif, tindak tutur
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 14 Jan 2015 13:30
Last Modified: 14 Jan 2015 13:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31596

Actions (login required)

View Item View Item