Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Smk Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Handayani, Reni and , Dra. Wafrotur Rohmah SE. MM. (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Smk Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (809kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (631kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi, 3) pengaruh motivasi belajar dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif kesimpulanya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 140 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y= 47,947 + 0,212 X1 + 0,503 X2 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,726 > 2,276 (α= 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,008; 2) profesionalismr guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 6,680 > 2,276 (α= 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) motivasi belajar dan profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 33,656 > 3,090 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 88% dan sumbangan efektif sebesar 36,4%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 12% dan sumbangan efektif sebesar 4,6%. Hasil dari perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,410 yang berarti 41% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh motivasi belajar dan profesionalisme guru, sisanya sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar , Profesionalisme Guru , Prestasi Belajar Akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:15
Last Modified: 13 Oct 2021 14:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31585

Actions (login required)

View Item View Item