Tindak Tutur Deklaratif Dalam Wacana Khotbah Jumat Bahasa Sunda Di Masjid Baiturrahman Desa Bener Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap

Hidayat, Eli and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2014) Tindak Tutur Deklaratif Dalam Wacana Khotbah Jumat Bahasa Sunda Di Masjid Baiturrahman Desa Bener Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (692kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. (1) Mengidentifikasi bentuk tindak tutur deklaratif dalam wacana khotbah Jumat bahasa Sunda. (2) Mengidentifikasi fungsi tindak tutur deklaratif dalam wacana khotbah Jumat bahasa Sunda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual dengan menghubungbandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual dan padan ekstralingual dengan menghubungbandingkan unsur-unsur bahasa yang berupa bentuk itu dengan hal yang di luar bahasa. Selanjutnya langkah-langkah dalam kegiatan analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu transkripsi data, dan pemaparan hasil analisis data. Berdasar hasil penelitian ini, ada dua kesimpulan. (1) Terdapat lima kategori tuturan deklaratif diantaranya tuturan memutuskan, tuturan membatalkan, tuturan melarang, tuturan mengijinkan, dan tuturan memberikan maaf atau ampunan. Bentuk tindak tutur deklaratif dalam wacana khotbah Jumat tersebut ditemukan data sebanyak 30 bentuk tuturan deklaratif. Adapun bentuk tuturan deklaratif dalam wacana khotbah Bahasa Sunda tersebut didominasi oleh kategori melarang sebanyak 13 tuturan,memutuskan 8 tuturan, mengijinkan 6 tuturan, mengampuni 2 tuturan, dan membatalkan 1. (2) Fungsi tindak tutur deklaratif dalam wacana khutbah Jumat Bahasa Sunda, terdapat 4 fungsi dari 30 tuturan deklaratif. Adapun fungsi deklaratifnya didominasi oleh fungsi competitif sebanyak 17, dengan rincian dalam bentuk perintah 4, meminta 4, dan menuntut 9. Fungsi conflicative (bertentangan)5, dengan rincian dalam bentuk mengancam 4 dan memarahi 1. Fungsi convivial (menyenangkan), dengan rincian dalam bentuk mengajak 3. Fungsi colaborative (bekerja sama) 5, dengan rincian dalam bentuk menyatakan 2, mengumumkan 2, dan mengajarkan 1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: indak tutur deklaratif, fungsi, khotbah Jumat bahasa Sunda.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:07
Last Modified: 14 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31582

Actions (login required)

View Item View Item