Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015

ARIANI, MARINA DWI and , Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd. (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, 2) adanya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, 3) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Jenis penelitian yang digunkan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 299 siswa dengan sampel 60 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=15,016+0,999X1+0,734X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,709 > 2,002 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,459 > 2,002 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 16,373 > 3,159 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 64,11% dan sumbangan efektif sebesar 23,4%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 35,89% dan sumbangan efektif sebesar 13,1%. Total sumbangan variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 36,5% terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, sisanya sebesar 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 12 Jan 2015 12:31
Last Modified: 13 Oct 2021 13:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31560

Actions (login required)

View Item View Item