Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

KUSWANTI, Elviana Yuniar and , Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2014) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Okky Madasari, (2) mendeskripsikan struktur novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari, dan (4) mendeskripsikan implementasi konflik batin dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian berupa konflik batin tokoh utama dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pembacaan semiotik yakni heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar sosiohistoris Okky Madasari, seorang sastwaran yang tergolong baru yang semua karyanya membidik tentang masalah-masalah sosial, terutama yang ada di Indonesia, (2) secara struktural, alur dalam novel Pasung Jiwa yaitu alur maju (Progresif). Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama yaitu Sasana (Sasa) dan tokoh bawahan Jaka Wani (Cak Jek), Ibu Sasana, Ayah Sasana, dan Melati. Latar waktu terjadi pada tahun 1993 sampai dengan tahun 1999. Latar sosial adalah di lingkungan tempat tinggal dan kerja tokoh utama, (3) konflik batin tokoh utama dalam nove Pasung Jiwa terdapat tiga konflik, (a) konflik mendekat-mendekat, yaitu 1) antara kasih sayang dan kesukaannya, 2) antara senang dan heran, 3) antara baik dan buruk saat merubah penampilan, 4) antara meninggalkan atau menemani ibunya (b) konflik mendekat-menjau, yaitu 1) antara hal yang disukai dan dibenci, 2) antara melupakan masa lalu atau meneruskan masa lalu,(c) konflik menjauh-menjauh, yaitu 1) antara kasih sayang atau kenyamanan, 2) antara takut dan gelisah. (4) Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XII.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Pasung Jiwa, Konflik Batin, Psikologi Sastra, Implementasi Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Jan 2015 14:06
Last Modified: 16 Oct 2021 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31546

Actions (login required)

View Item View Item