Pengelolaan Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Kelas I di SD Kristen Manahan Surakarta

Handayani, Susy and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pengelolaan Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Kelas I di SD Kristen Manahan Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Nasksh_Publikasi.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._bab_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
4._bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
5.bab_iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
7.bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_Pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan umum oenelitian untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan di SD Kristen Manahan Surakarta. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang : 1) Pengelolaan materi ajar dan media pembelajaran tematik berbasis lingkungan kelas I di SD Kristen Manahan Surakarta; 2) Pengelolaan interaksi pembelajaran tematik berbasis lingkungan kelas I di SD Kristen Manahan Surakarta; 3) Pengelolaan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran tematik berbasis lingkungan kelas I di SD Kristen Manahan Surakarta. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian dan pembahasan: 1) Pengelolaan materi ajar dan media pembelajaran tematik berbasis lingkungan dipilih dan ditentukan oleh guru yang saling terkait dan relevan satu dengan yang lain; 2) Pengelolaan interaksi pembelajaran tematik berbasis lingkungan dengan menciptakan kondisi pembelajaran partisipasi aktif siswa untuk mempelajari beberapa kompetensi dengan bimbingan guru; 3) Pengelolaan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran tematik berbasis lingkungan dengan menerapkan evaluas proses dan tindaklanjut berupa kegiatan remidial pembelajaran dan ujian ulang bagi siswa yang belum tuntas, dan pengayaan bagi siswa yang sudah mencapai dan atau melebihi batas minimal ketuntatasan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, tematik, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2015 07:11
Last Modified: 20 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31510

Actions (login required)

View Item View Item