Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran

Panut, Panut and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (533kB)

Abstract

pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis surat dinas. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan atau kemampuan siswa dalam menulis surat dinas setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). (3) Untuk mengetahui semangat belajar siswa dalam pembelajaran menulis surat dinas melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 1 Tengaran, Kabupaten Semarang pada bulan Juli sampai dengan bulan November tahun 2011. Sasaran penelitian ini siswa kelas VIII D SMP N 1 Tengaran yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 15 siswa putra dan 17 siswa putri. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, angket, tes dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan. Masing-masing siklus dirancang dan dilaksanakan dengan langkah (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) Observasi dan intepretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan penilaian dan analisis guna mengetahui tingkat keberhasilan siklus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan atau kemampuan menulis surat dinas siswa. Pada siklus I, aktivitas siswa skor rerata mencapai 69%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 85%. Sedangkan keterampilan atau kemampuan menulis surat dinas siswa pada kemampuan awal nilai rerata kelas mencapai 65,93. Pada siklus I nilai rerata menjadi 75,93, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,84. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) menulis surat dinas yang ditentukan di SMP N 1 Tengaran adalah 70. Demikian juga siswa tampak semangat, kreatif dan mampu bekerjasama dalam mendiskusikan materi surat dinas dalam suasana yang menyenangkan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: surat dinas, aktivitas siswa, keterampilan menulis, kooperatif tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Jan 2015 12:24
Last Modified: 19 Oct 2021 16:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31500

Actions (login required)

View Item View Item