Peningkatan Keterampilan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Tulisan Narasi Melalui Metode Kolaborasi Pembelajaran TGT dengan STAD Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Sambi Tahun Pelajaran 2011/2012

Kuntoyo, Kuntoyo and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2014) Peningkatan Keterampilan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Tulisan Narasi Melalui Metode Kolaborasi Pembelajaran TGT dengan STAD Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Sambi Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (995kB)

Abstract

Tujuanpenelitianiniada dua. (1) Menjelaskan dan mendiskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi tulisan narasi melalui metode kolaborasi TGT dengan STAD pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sambi.(2) menjelaskan peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi tulisan narasi melalui penerapan metode kolaborasi pembelajaran TGT dengan STAD STAD pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sambi. Penelitianinitermasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini mengupayakan pemecahan masalah pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi tulisan narasi melalui kolaborasi metode pembelajaran TGT dengan STAD. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, penyebaran angket, penugasan, dan diskusi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi metode kolaborasi pembelajaran TGT dengan STAD yang dilakukan penulis dengan kolaborator dan mendeskripsikan hasil karya siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Sebelum dilaksanakan penelitian penulis melakukan observasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mengetahui kondisi awal siswa sebagai pijakan dalam melakukan penelitian. Siklus I dan siklus II membutuhkan satu kali pertemuan, dan masing-masing siklusnya dilaksanakan melalui empat tahap, yakni (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) observasi (observation), dan refleksi (reflection) Berdasarkanhasil penelitiandapatdisimpulkanbahwa penerapan metode pembelajaran kolaborasi TGT dengan STAD dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi tulisan narasi mengalami peningkatan baik dalam kualitas proses maupun kuallitas hasil pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran dapat dilihat keaktifan siswa sebelum tindakan 46,66% (14 siswa), siklus I 60% (18 siswa), siklus II 80% (24 siswa). Kualitas hasil pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal, yaitu 70. Sebelum tindakan siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal sebesar 60% (18 siswa), siklus I sebesar 76,67% (23 siswa), dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67% (26 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut, model pembelajaran kolaborasi TGT dengan STAD dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: teks wawancara, tulisan narasi, metode kolaborasi TGT dengan STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 30 Dec 2014 12:04
Last Modified: 19 Oct 2021 15:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31475

Actions (login required)

View Item View Item