Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Mata Pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) untuk Membentuk Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi Siklus di SMK Negeri I Donorojo Pacitan)

Kawiyono., Aris and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Maryadi, M.A. (2014) Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Mata Pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) untuk Membentuk Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi Siklus di SMK Negeri I Donorojo Pacitan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan (1) dasar pembentukan kurikulum KKPI untuk membentuk kemandirian peserta didik, (2) persiapan kurikulum KKPI untuk membentuk kemandirian peserta didik, (3) persiapan guru KKPI untuk membentuk kemandirian peserta didik, (4) pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran KKPI untuk membentuk kemandirian peserta didik, (5) evaluasi kurikulum KKPI untuk membentuk kemandirian peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK N 1 Donorojo Pacitan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Dasar pembentukan kurikulum KKPI di SMK N 1 Donorojo terdiri adri 5 landasan yaitu yuridis, filosofis, sosiologis, psiko pedagogis dan IPTEK..(2) Persiapan kurikulum KKPI dimulai dengan pembuatan kurikulum KKPI. Selanjutnya guru KKPI akan membuat program tahunan dan program semester yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah pembuatan silabus dan RPP yang dijadikan pedoman bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. (3) Persiapan guru dalam pembentukan kemandirian peserta didik melalui pembelajaran KKPI adalah dengan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan kompetensi tersebut dilakukan dengan mengikuti kegiatan seperti seminar atau pendidikan dan pelatihan. (4) Pelaksanaan pembelajaran KKPI di SMK N 1 Donorojo sudah mengacu pada komponen-komponen pembelajaran. Tujuan pembelajaran KKPI adalah untuk membentuk kemandirian peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dua arah, diskusi dan presentasi, simulasi serta praktikum di laboratorium komputer. Media pembelajaran yang digunakan antara lain buku paket, modul, papan tulis, laptop, modem, proyektor, soft ware web browser serta jaringan internet. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam dua bentuk yaitu tertulis dan praktek. (5) Evaluasi kurikulum dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara kurikulum yang telah dibuat sebelumnya dengan pelaksanannya di lapangan. Evaluasi kurikulum KKPI di SMK N 1 Donorojo sudah dilaksanakan. Bentuk evaluasi kurikulum KKPI adalah dengan menyisipkan nilai-nilai karakter bangsa pada pembelajaran KKPI. Harapannya adalah agar siswa tidak hanya menguasai materi pelajaran saja tetapi juga mempunyai sikap yang terpuji.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kurikulum, pembelajaran, kemandirian siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:44
Last Modified: 20 Oct 2021 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31457

Actions (login required)

View Item View Item