Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sobo Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan

Winarni, Nanis and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Maryadi, M.A. (2014) Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sobo Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter di SDN Sobo dikembangkan untuk menyikapi fenomena dekadensi moral, dengan tujuan menumbuhkembangkan delapan karakter dalam diri siswa yang penuh cinta. Tujuan penelitian ini: (1) Mendiskripsikan ciri-ciri perencanaan kurikulum pendidikan bermuatan nilai-nilai karakter; (2) Mendiskripsikan ciri-ciri penyelenggaraan pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter; dan (3) Mendiskripsikan ciri-ciri monitoring dan evaluasi kurikulum pendidikan bermuatan nilai-nilai karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di SDN Sobo Pringkuku Pacitan. Narasumber penelitian kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Wujud perencanaan kurikulum dalam bentuk KTSP yang di kombinasikan dengan kearifan budaya lokal. Penjabaran kompetensi dan kegiatan pembelajaran tertuang dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penilaian perkembangan karakter anak dilakukan menggunakan lembar pengamatan karakter. Pendidikan karakter di sekolah dibimbing dan diarahkan langsung oleh guru kelas masing-masing dan guru mata pelajaran; (2) Materi pendidikan karakter terjabarkan dalam delapan cinta yaitu: (a) cinta Allah dan Rasul; (b) cinta orang tua/guru; (c) cinta sesama; (d) cinta keunggulan; (e) cinta diri sendiri; (f) cinta ilmu pengetahuan dan teknologi; (g) cinta alam sekitar; dan (h) cinta bangsa dan negara. Guru menggunakan pendekatan kontektual dan aplikatif bagi anak-anak. Setiap akhir minggu, prestasi dan perkembangan karakter anak terekap dalam buku pantau karakter; dan (3) Evaluasi rutin dilaksanakan oleh kepala sekolah, kegiatan pelaporan bulanan dalam bentuk laporan akuntabilitas pendidikan karakter. Secara rutin dilakukan evaluasi perkembangan karakter anak atau tingkat partisipasi orang tua dalam mengisi buku pantau karakter di rumah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: management, curriculum, learning, character
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2014 09:58
Last Modified: 20 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31437

Actions (login required)

View Item View Item