Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, Dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik (Studi Empiris Pada KAP di Surakarta Dan Yogyakarta)

HARJONO , Harjono (2014) Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, Dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik (Studi Empiris Pada KAP di Surakarta Dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan dan etika profesi terhadap pertimbangan tingkat materialitas akuntan publik KAP di Surakarta dan Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di KAP Surakarta dan Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Alat analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi R2, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel profesionalisme berpengaruh negatif secara signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas akuntan publik, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,000 sehingga H1 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Sedangkan variabel pengetahuan mendeteksi kekeliruan berpengaruh positif secara signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas akuntan publik, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,000 sehingga H2 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Begitupula pada variabel etika profesi berpengaruh positif secara signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas akuntan publik, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,008 sehingga H3 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, Etika Profesi dan Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Dec 2014 14:27
Last Modified: 23 Dec 2014 14:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item