Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Dan Efektivitas Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jepara Tahun 2008-2012)

ANGGRAENI, Dwi and , Dra. Nursiam, Ak. M.H, (2014) Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Dan Efektivitas Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jepara Tahun 2008-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (843kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerimaan Pajak Reklame dan efektivitas Pajak Reklame di Kabupaten Jepara selama tahun 2008 hingga tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data sekunder yang menggunakan runtun waktu (time series) yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jepara dan Biro Pusat Statistik Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menghitung potensi penerimaan pajak reklame dan menghitung efektivitas Pajak Reklame. Selain itu, dilakukan pula perhitungan daya pajak (tax effort). Hasil penelitian potensi penerimaan Pajak Reklame menunjukkan bahwa potensi Pajak Reklame di Kabupaten Jepara belum tercapai secara optimal. Hal ini dikarenakan, jumlah potensi penerimaan Pajak Reklame lebih kecil dibandingkan dengan target penerimaan pajak reklame. Efektivitas Pajak Reklame di kabupaten Jepara menunjukkan bahwa pada tahun 2008 hingga 2009 tingkat efektivitasnya sudah sangat tinggi, namun pada tahun 2010 hingga 2012 tingkat efektifitasnya sangat menurun, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemungutan dan pengelolaan Pajak Reklame belum stabil tingkat efektivitasnya. Daya pajak (tax effort) di Kabupaten Jepara menunjukkan sudah tergolong tinggi, namun masih perlu ditingkatkan lagi untuk ke depannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: realisasi penerimaan pajak reklame, potensi penerimaan pajak reklame, efektivitas, daya pajak (tax effort)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Dec 2014 14:03
Last Modified: 18 Oct 2021 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31434

Actions (login required)

View Item View Item