Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang

Wikanah, Does Ichwani Tri and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2014) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_.pdf

Download (833kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_.pdf

Download (863kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan ciri-ciri pembelajaran berkualitas, proses pembelajaran berbasis kualitas dan pengembangan pembelajaran berbasis kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi pendidikan. penelitian ini dilakukan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Lembaga Kursus dan Pelatihan memiliki ciri kualitas, mendesain kurikulum pembelajaran dengan cara bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, menggunakan media, multimedia, dan internet dalam pembelajaran, menggunakan strategi mengajar yang efektif dan memberikan pelayanan kepada peserta didik dengan sistem belajar tuntas, 2)Proses belajar mengajar berkualitas, merencanakan dan menyiapkan perangkat pembelajaran, mendatangkan pakar dalam pembelajaran, mengajak peserta didik terjun langsung dalam dunia usaha dan dunia industri serta melakukan pengawasan kepada instruktur dalam proses belajar mengajar, 3)Pengembangan pembelajaran, dengan setting/penataan kelas sesuai kebutuhan pembelajaran, kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industry untuk mencari informasi materi kursus dan menyusun perangkat pembelajaran dalam berbagai kegiatan sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri, dan penyetaraan capaian belajar dengan membentuk kompetensi peserta didik sesuai level dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan kepada lembaga kursus untuk selalu mengadakan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri, melakukan penguatan sumber daya manusia, melengkapi sarana prasarana, dan memperhatikan kepuasan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran , kualitas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 23 Dec 2014 12:31
Last Modified: 20 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31429

Actions (login required)

View Item View Item